PILIHANKU

TAJAAN

22 November 2011

POHON TERTUA DI DUNIA...?


Pohon tertua dari kelompok cemara ini berusia hingga 9.550 tahun. Dalam pengamatan Kullman, pohon ini berkembang biak menggunakan penetraso cabang akar sehingga memungkinkan menciptakan kembaran yang serupa. Oleh sebab itu, pohon tertua ini memiliki kelompok dengan genetik yang sama.
Usia pohon ditentukan menggunakan penanggalan karbon di sebuah laboratorium di Miami, Florida, Amerika Syarikat. Dalam pengukuran tersebut diketahui beberapa pohon telah menancapkan akar mereka ke tanah sejak 8.000 tahun lalu. “Cemara ini menjadi pohon paling tua yang diketahui manusia,” ujar Profesor dari Universiti Umea, Leif Kullman.
Menurutnya, koloni cemara di Swedia ini merupakan pohon pertama yang tumbuh setelah zaman es. Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi peningkatan suhu udara di sekitar pegunungan, membuatkan koloni tumbuh lebih cepat di daerah yang lebih luas.
Sebelumnya, rekod pohon tertua di dunia dipegang oleh pohon cemara “Methuselah” yang terletak di Pergunungan Putih, California, Amerika Syarikat. Pohon ini disebut-sebut berusia hingga 4.800 tahun.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan